Selasa, 23 Desember 2008

Bohong berdasarkan cara penyebarannya

Menilik cara penyebaran kebohongan, maka bohong bisa digolongkan ke dalam 3 golongan, yakni melalui cara penyampaian personal, forum, dan media publik. Penyampaian personal artinya dilakukan antara dua orang. Satu orang berbohong sementara yang lain menjadi korbannya. Termasuk dalam kategori ini adalah gosip personal artinya ada satu atau beberapa orang menyampaikan gosip secara personal, dan secara terus menerus disampaikan ke orang berikutnya, mirip semacam bola salju atau snowball.

Penyampaian melalui forum artinya kebohongan yang dilakukan di hadapan lebih dari satu orang secara bersama-sama. Pada saat Anda kumpul-kumpul dengan teman-teman, lalu pada saat itu melakukan kebohongan, maka bohong Anda disampaikan melalui forum. Termasuk kebohongan kategori ini adalah bohongnya guru terhadap murid-muridnya di dalam kelas, saat acara talkshow, diskusi bersama, arisan, dan lain sebagainya.

Kebohongan yang disampaikan melalui media publik, bisa media cetak atau elektronik, sangat beragam. Media cetak terentang mulai dari poster, flyer, koran, majalah, catatan harian, lukisan, surat-surat sampai buku. Sedangkan penyebaran melalui media elektronik mencakup melalui handpphone, radio, televisi, internet, pengeras suara, rekaman kaset, dan berbagai macam yang lain. Penyebaran melalui internet merupakan penyebaran yang paling kompleks karena semua bentuk kebohongan bisa disebarkan melalui media ini. Bila Anda memiliki catatan harian, buku, lukisan, sampai lagu, semuanya bisa di publikasikan melalui internet.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Free Ebook