Selasa, 23 Desember 2008

Apakah isi kebohongan?

Apakah yang biasa dibohongkan orang? Jawaban pertanyaan itu adalah mengenai ragam jenis isi kebohongan. Terdapat bermacam-macam jenis isi kebohongan yang mencakup bohong mengenai perasaan, pencapaian dan pengetahuan, aksi serta rencana-rencana dan keberadaan, penjelasan dan alasan, fakta dan kepemilikan. Paling sering orang berbohong mengenai perasaan; tindakan, rencana dan tempat berada; serta pencapaian da pengetahuan. Berikut penjelasannya masing-masing dan contoh-contohnya. Coba Anda cermati, kebohongan mana yang sering Anda lakukan.

Bohong mengenai perasaan
Bohong perasaan artinya berbohong atas apa yang Anda rasakan. Termasuk bohong perasaan adalah mengenai afeksi, emosi, pendapat, evaluasi terhadap orang objek, atau kejadian. Selain itu termasuk juga menyatakan sesuatu diluar porsi sewajarnya, atau melebih-lebihkan, baik lebih positif atau lebih negatif. Berikut beberapa contoh kebohongan yang tercakup dalam jenis ini :

a. Bohong mengenai afeksi :
- Aku tidak takut kehilanganmu (padahal sangat takut kehilangan)
- Aku merasa baik-baik saja bercerai dengannya (padahal hancur berantakan)

b. Bohong mengenai emosi
- Aku tidak terkejut (padahal terkejut)
- Katakan padanya aku benci dia (padahal cinta)

c. Bohong mengenai pendapat
- Caranya bermain musik sangat luar biasa (padahal biasa-biasa saja)
- Kebun ini dipelihara dengan baik (padahal dalam hati berkata sebaliknya)

d. Bohong mengenai evaluasi terhadap orang, objek atau kejadian tertentu
- Dia tidak sekuat yang saya kira (padahal mengakuinya luar biasa)
- Upacaranya megah sekali (padahal hanya menilai biasa-biasa saja)

e. Bohong menyatakan sesuatu lebih positif atau lebih negatif
- Pengalaman yang luar biasa (padahal biasa-biasa saja)
- Buruk sekali suaranya (padahal masih terdengar merdu juga)

Bohong mengenai pencapaian atau pengetahuan
Pernahkah Anda mendengar ada yang membual melakukan sesuatu yang hebat? Jika pernah, maka kebohongannya termasuk jenis ini. Termasuk didalamnya adalah bohong tentang pencapaian sesuatu atau prestasi, upaya pemenuhan sesuatu, kegagalan, kekurangan, pengetahuan dan kurangnya pengetahuan. Berikut beberapa contoh kebohongan dalam jenis ini :

a. Bohong mengenai prestasi
- Aku pernah memiliki perut bersegi enam sebelum buncit (padahal tidak pernah)
- Aku pernah mencapai jabatan manajer (padahal asisten manajer)

b. Bohong mengenai pemenuhan sesuatu
- Dulu aku bisa menghabiskan 12 jam tanpa tidur (padahal tidak pernah)
- Aku sudah menghabiskan bir 10 botol (padahal baru 8 botol)

c. Bohong mengenai kegagalan
- Aku berhasil dalam ujian (padahal gagal)
- Aku belum bisa membayarmu karena harus bayar listrik dulu (padahal bangkrut)

d. Bohong mengenai kekurangan
- Saya sedang berhemat agar bisa menabung (padahal tidak punya uang)
- Bukan tak ada uang, tapi belum butuh barang itu (padahal tidak ada biaya)

e. Bohong mengenai pengetahuan atau kurangnya pengetahuan
- Saya tahu betul apa itu perhitungan trigonometri (padahal tidak bisa)
- Saya kira merapi ada di jawa timur (padahal di jawa barat)

Bohong mengenai tindakan, rencana dan tempat berada
Termasuk bohong dalam kategori ini adalah bohong tentang apa yang telah dilakukan, yang sedang dilakukan atau yang akan dilakukan. Demikian juga yang berkait degan tempat dimana dulu berada, saat ini berada, atau nantinya berada. Berikut beberapa contoh bohong dalam jenis ini :

a. Bohong mengenai apa yang telah dilakukan
- Dulu aku pernah membaca suratnya (padahal belum pernah)
- Aku pernah ke museum Affandi (padahal belum pernah)

b. Bohong mengenai apa yang sedang dilakukan
- Sekarang aku hanya sedang bertamasya (padahal mau bekerja)
- Saya sedang dalam perjalanan (padahal masih di rumah)

c. Bohong mengenai apa yang akan dilakukan
- Minggu depan aku akan pergi ke Bali (padahal tidak)
- Nanti jam 8 malam mau makan bersama teman (padahal tidak)

d. Bohong mengenai tempat dimana dulu berada
- Lebaran tahun kemarin aku hanya di Jogja (padahal pergi juga ke solo)
- Semalam aku bersama teman menonton bola (padahal bersama pacar baru)

e. Bohong mengenai tempat dimana saat ini sedang berada
- Katakan padanya saat ini saya sedang di luar kota (padahal di dalam kota)
- Saya sedang berada di kantor (padahal lagi di hotel)

f. Bohong mengenai tempat dimana akan berada
- Malam nanti aku mau pergi ke alun-alun.
- Nanti siang akan makan siang di restoran cinta

Bohong mengenai penjelasan atau alasan
Jika Anda telat datang apel ke rumah pacar Anda karena harus menemui dahulu pacar yang lain, apa alasan yang akan Anda sampaikan? Sangat mungkin Anda akan berbohong tentang alasan Anda datang terlambat; mungkin beralasan terjebak hujan, ban motor bocor, kehabisan bensin, ada teman jauh datang, atau yang lain. Nah, pada saat seperti itu, maka isi bohong Anda adalah penjelasan atau alasan. Banyak sekali kebohongan yang isinya semacam ini. Misalnya seorang koruptor yang akan disidangkan berbohong sedang sakit sehingga tidak bisa datang ke pengadilan. Berikut beberapa contoh lain :

*
Saya datang ke sini untuk melihat-lihat adakah peluang usaha di tempat ini (padahal hanya sedang melarikan diri)
*
Saya melakukannya agar kamu tidak marah (padahal tidak terpikir sebelumnya ia melakukan itu agar seseorang tidak marah)
*
Saya melakukannya karena dijebak (padahal karena mau sendiri)
*
Saya mendirikan yayasan ini untuk membantu orang (padahal untuk mencari uang)


Bohong mengenai fakta
Isi kebohongannya adalah mengenai fakta yang terkait dengan objek tertentu, kejadian, orang, atau mengenai kepemilikan. Berikut beberapa contohnya :

Bohong mengenai fakta objek
- Rumahnya di Jogja besar sekali (padahal mungil)
- Jalannya aspal (padahal tanah)

Bohong mengenai fakta kejadian
- Dulu pernah ada tabrakan besar di jalan ini (padahal tidak pernah ada)
- Kemarin istriku minta lagi setelah aku minum jamu kuat (padahal tidak)

Bohong mengenai fakta orang
- Teman kantor yang tadi telpon (padahal selingkuhan)
- Orangnya putih, kurus dan tinggi (padahal hitam, gemuk dan pendek)
Bohong mengenai fakta kepemilikan
- Saya yang memiliki buku ini (padahal buku pinjaman)
- Ini rumah saya (padahal kontrakan)

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Free Ebook